Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, S.Sos, MH menyampaikan Rumusan Hasil Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Akuntabilitas Sosial yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan di Jakarta, (Rabu, 28/02/24).




Dalam kesempatan tersebut, Sugito memaparkan bahwa yang menjadi isu strategis bidang Desa dan Perdesaan diantaranya adalah isu ekonomi, infrastruktur, sumber daya manusia, layanan dasar, lingkungan, sosial budaya, sinergi pembangunan, urbanisasi, kebijakan asimetris, dan pengembangan kawasan perdesaan.




“Adapun yang menjadi tantangan pembangunan Desa dan Perdesaan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah transformasi sosial perdesaan yang dilakukan melalui pengembangan desa inklusi dan akuntabilitas sosial secara berkelanjutan, penguatan modal sosial desa, dan penguatan budaya desa. Sedangkan transformasi ekonomi dilakukan melalui pengembangan sektor ekonomi perdesaan strategis seperti optimalisasi potensi, peningkatan kapasitas pelaku usaha, adopsi teknologi serta kerja sama usaha. Begitupun dengan tantangan transformasi tata kelola, dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM, optimalisasi cara kerja, optimalisasi pemanfaatan anggaran”, ujar Dirjen PDP




Lanjut Sugito, terdapat beberapa strategi dalam pembangunan Desa dan Perdesaan diantaranya adalah Pemerintah Desa hendaknya melakukan perbaikan kualitas perencanaan pembangunan Desa melalui perencanaan pembangunan desa berbasis data desa. Selain itu Pemerintah daerah juga harus memberikan dukungan melalui program/kegiatan yang menyasar pada indikator IDM yang masih lemah, memperkuat kelembagaan ekonomi di Desa, penyusunan regulasi turunan dalam pemanfaatan Dana Desa, penyiapan kebijakan, replikasi pelaksanaan.




“Kolaborasi dan sinergitas lintas sektor, peningkatan efektivitas pemanfaatan Dana Desa, pemanfaatan ruang Desa untuk penghidupan berkelanjutan, optimalisasi pemanfaatan aset dan potensi desa, serta penguatan peran pemerintah daerah dalam mengkonsolidasikan penyelenggaraan pembangunan kawasan perdesaan, menjadi bagian dari strategi pembangunan Desa dan Perdesaan”, pungkasnya.