Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, S.Sos MH melaporkan kepada Wakil Menteri Desa PDTT pada kegiatan Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Akuntabilitas Sosial.



Sugito memaparkan Pembangunan desa memiliki sebuah peran yang cukup penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Pembangunan desa ditujukan untuk sebuah peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat desa yang mengacu pada pencapaian tujuan dari pembangunan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, dan mempercepat pengentasan kemiskinan.



Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Akuntabilitas Sosial ini akan berfokus membahas Isu Pembangunan Desa dan Perdesaan.



Diketahui Rakor ini memiliki urgensi dan nilai strategis karena tahun 2024 ini merupakan pengakhiran RPJMN 2020 – 2024 dan bersamaan dengan penyusunan perencanaan strategis nasional, baik RPJMN 2025 – 2029 maupun RPJPN 2025 – 2045. Selain itu, tahun ini juga merupakan pengakhiran Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), dan Direktorat Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungann Desa dan Perdesaan, Ditjen PDP merupakan PIU dari P3PD Subkomponen 2B.