Sesditjen PDP Ungkap Status Desa Mandiri Dan Berkembang Meningkat


  Kamis, 31 Maret 2022 Berita DITJENPPMD

Jakarta - Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Rachmatia Handayani ST, MT menyatakan jumlah desa berstatus Mandiri dan Berkembang di Indonesia meningkat dalam setiap tahunnya. Ia mengungkap data berdasarkan dokumen yang terinput dalam aplikasi Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021.

"Tahun 2021, kalo kita lihat sudah ada pergerakan jumlah desa mandiri dan juga berkembang dan juga desa tertinggal. Kalo kita lihat dijumlah desa Mandiri dari tahun ke tahun, jumlahnya ini meningkat. Tahun 2021, jumlah desa mandiri sudah mencapai 3.269, kemudian desa Berkembang mencapai 53.404," ujar Rachmatia saat menjadi pembicara pada Rapat Kordinasi (Rakor) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pedesaan di hotel Ciputra, Grogol, Jakarta Barat pada hari Senin (28-3-2022).

Rachmatia menjelaskan bahwa peningkatan jumlah desa berstatus mandiri dan berkembang tersebut menunjukkan tren positif bagi pencapaian kinerja pemerintah. Disisi lain, kata dia, jumlah desa berstatus tertinggal semakin berkurang.

"Sementara itu, jumlah desa (berstatus) Tertinggal berkurang menjadi 18.284," sebutnya.

Lebih lanjut Rachmatia mengatakan pentingnya fungsi sistem pendataan dan informasi berbasis IDM. Ia menilai aplikasi IDM memiliki tingkat validitas data yang baik, sehingga tepat untuk dijadikan rujukan dalam menentukan desa tujuan dari kebijakan pemerintah.

"Kenapa data IDM ini penting, karena salah satunya adalah terkait dengan kebutuhan, terkait dengan kebijakan dana desa yang didalam pengambilan kebijakan ini, salah satu data yang dijadikan dasar dalam penentuan alokasi afirmasi dan juga alokasi kinerjanya digunakan dari data IDM. Dimana untuk melakukan alokasi afirmasinya, desa yang berstatus Tertinggal dan Sangat Tertinggal dan kemudian untuk alokasi kinerja itu untuk desa dengan status Berkembang, Maju dan Mandiri," jelasnya.

Dalam pemaparannya, Rachmatia memperlihatkan data IDM tentang peningkatan status desa tiap tahun melalui layar lebar di hadapan para audiens. Terlihat di layar lebar, status desa Mandiri pada tahun 2020 tercatat berjumlah 1.741. Sementara itu, jumlah desa status Berkembang sebanyak 51.941. Dan jumlah desa status Tertinggal sebanyak 21.296.