Gelar Musyawarah Desa Khusus, Desa Pabian Kecamatan Arjasa - Sumenep Tetapkan SDGs Desa


  Senin, 06 September 2021 Berita DITJENPPMD

SUMENEP - Dengan menerapkan protokol kesehatan, Kamis ( 22/07/2021) bertempat di Balai Desa Pabia ln Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep dilaksanakan Musyawarah Desa Khusus untuk penetapan hasil pendataan Sustainable Development Goals (SDGs)

Difasilitasi oleh TPP Kecamatan Arjasa, penetapan pendataan berbasis SDGs desa Pabian ini berlangsung dengan lancar dengan tetap memperhatikan prokes 5M covid-19, dipimpin oleh ketua BPD bersama kepala desa.

Ahmad Heriyanto sebagai sekretaris desa sekaligus ketua pokja relawan pendataan desa dalam laporannya menjelaskan bahwa pendataan SDGs desa Pabian Tahun 2021 telah tuntas 100%, baik survey manual maupun input ke aplikasi SDGs desa.

"Jumlah pendataan RT/RW ada 6, pendataan Keluarga sebanyak 331 dan pendataan Individu sebanyak 1013 orang dengan kesimpulan pendataan desa/SDGs Desa di Desa Pabian Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan pada bulan Juni, hanya saja musdesus baru dilakukan hari ini karena terkendala PPKM" kata Ahmad Heriyanto

Acara ini dihadiri oleh Sekcam Arjasa, perwakilan Koramil dan Polsek Arjasa, Pemerintah Desa Pabian, Pendamping Desa, Pokja Relawan SDGs Desa Pabian, serta Perwakilan Masyarakat.

Dalam sambutannya Sekcam Arjasa, Aminullah mengatakan bahwa SDGs adalah tentang nasib desa kedepan.

"SDGs adalah tentang arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan desa kedepan, maka dari itu SDGs harus benar-benar dilakukan dengan serius" imbuh Aminullah.

Senada dengan itu, TPP sekaligus PIC SDGs desa kecamatan Arjasa, Mahrawi menegaskan betapa urgen dan pentingnya keberadaan pendataan di desa.
"Hasil pendataan ini akan menjadi potret desa Pabian secara utuh, detail, dan menyeluruh, yang nantinya akan menjadi salah satu acuan arah pembangunan desa secara konfrehensif dan berkesinambungan dalam rangaka percepatan pencapaian 18 indikator SDGs desa seperti yang menjadi rumusan besar kemendes PDTT dalam pembangunan desa, ucap beliau dalam sambutannya.