Bagaimana Ketahanan Desa di Era Pandemi Covid 19 ?


  Senin, 06 September 2021 Berita DITJENPPMD

JAKARTA - Pandemi Covid-19 sudah telah memberikan dampak sangat signifikan terhadap segala lini kehidupan, sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020 sampai saat ini masyarakat Indonesia yang terjangkit sebanyak 4 juta lebih dan yang meninggal dunia  sudah mencapai 130 ribu lebih. Selama hampir dua tahun, Covid membayangi kehidupan dunia bahkan desa. Covid – 19 juga telah menghambat kegiatan perekonomian masyarakat dan memberikan dampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Lantas bagaimana Ketahanan Desa di Era Pandemi Covid 19 ini ?

Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito menjawab pertanyaan ini dalam acara yang diselenggarakan secara virtual dengan Judul "Ketahanan Desa di Era Pandemi Covid 19" Jumat, 03/09/2021.

Dirjen sugito mengatakan bahwa langkah yang harus dilakukan oleh desa di masa pandemi covid 19 ini salah satunya adalah mempertahankan modal sosial masyarakat desa yaitu budaya gotong rotong, guyub rukun dan saling berbagi antar masyarakat desa dalam rangka menghadapi pandemi covid 19 ini.

"Tidak ada desa miskin, Yang ada adalah desa yang belum mampu menemukenali potensi dan asset yang dimiliki, sehingga belum bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat Desa" ujar Dirjen Sugito sebelum mengakhiri paparannya.