Desa Rukun Mulyo Kabupaten Simalungun Bangun Sumber Air Bersih Milik Desa


  Senin, 20 September 2021 Berita DITJENPPMD

Kabupaten Simalungun – Pemerintah Desa Rukun Mulyo Kecamatan Panombean Pane Kabupaten Simalungun membangun sumber air bersih milik desa bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Pembangunan sumber air bersih dalam rangka memenuhi kebutuhan warga desa terhadap akses pelayanan dasar, yaitu air bersih dan sanitasi serta mewujudkan pencapaian SDGs Desa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Rukun Mulyo, Rojingun saat serah terima bangunan dari Tim Pelaksana Kegiatan kepada Pemerintah Desa Rukun Mulyo, Jumat 17 September 2021.

“Alhamdulilah, pembangunan sumber air bersih yang dibiayai dari Dana Desa telah selesai, semoga bermanfaat untuk warga dalam memenuhi air bersih. Terimaksih Pak Presiden Jokowi dan Pak Menteri Desa”

Kegiatan serah terima bangunan ini juga dihadiri Pemerintah Kecamatan Panombean Pane, Badan Perwakilan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Seluruh Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Pengurus BUMDes dan Tenaga Pendamping Profesional dari mulai PLD, PD dan TA Kabupaten.

Lebih lanjut Kades Rukun Mulyo menjelaskan bahwa sumber air bersih tersebut akan dikelola oleh BUMDes Rukun Mulyo sebagai unit usaha sehingga dapat terpenuhinya pelayanan air bersih secara kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan.

Dalam kesempatan itu, Pendamping Desa Kecamatan Panombean Pane, Kristina Purba menjelaskan bahwa Sumur Bor yang baru selesai dibangun memiliki kapasitas 5000 liter, direncanakan pada tahap awal untuk memenuhi kebutuhan 100 rumah tangga.

Ditambahkan oleh Arjuna, TA Kabupaten Simalungun, bahwa Desa Rukun Mulyo sebagai Desa yang peduli kesehatan mewujudkan SDGS Desa ke 6 yaitu Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Pembangunan sumber air bersih dan sanitasi sesuai dengan perencanaan pembangunan desa dan sesuai dengan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Pemerintah Kecamatan Panombean Pane memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Rukun Mulyo yang telah mendukung upaya pencapaian pembangunan berkelanjutan, dengan adanya pelayanan air bersih masyarakat desa sehat dan bagian dari upaya pencegahan stunting.