Omah Kopi Desa Telemung, Hasil Alam Kawasan Perdesaan Agrowisata Kabupaten Banyuwangi


  Kamis, 18 Nopember 2021 Berita DITJENPPMD

Omah Kopi Desa Telemung, Hasil Alam Kawasan Perdesaan Agrowisata Kabupaten Banyuwangi

Plt. Setditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendesa PDTT, Dra Dewi Yuliani, MP bersama Ir. Sugeng Budiharsono selaku Unit Manajemen Strategis, Kementeriam Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meninjau Kawasan Perdesaan Agrowisata Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Salah satu tempat yang dikunjungi dalam kegiatan ini adalah Omah Kopi yang terletak di Dusun Krajan, Desa Telemung Kabupaten Banyuwangi.

Omah Kopi adalah rumah bagi para petani kopi di Desa Telemung yang diinisiasi sebagai wadah untuk memperkenalkan kopi dari Desa Telemung kepada masyarakat umum dan dunia.

Dalam diskusinya, Dewi Yuliani menyampaikan agar Omah Kopi ini kedepan dapat terus mendongkrak perekonomian di Desa

"Harapan kami kedepan hal baik ini dapat terus digerakkan oleh Generasi Millenial Desa dengan kreatifitas melalui media sosial supaya dapat mendatangkan wisatawan ke desa" ujar Bu Dewi, Kamis, (18/11/2021).

Ditemui tempat yang sama, Inisiator dari Omah Kopi, Imam Mukhlis menyampaikan, bahwa Mayoritas penduduk Desa Telemung merupakan petani kopi, bermacam kopi yang dihasilkan diantaranya robusta dan ekselsa, dan yang paling terkenal dari kopi telemung yaitu kopi robusta telemung.

"Saat ini, kami telah membuat paket wisata Desa untuk mengenalkan produk kopi kami kepada para pengunjung atau penikmat wisata dan pada perkembangannya sampai saat ini sudah banyak turis mancanegara yang berkunjung terutama dari Jerman dan Amerika untuk berwisata sambil menikmati kopi disini" imbuh Imam Mukhlis.