SOMPRDPE+3 ke 14 Bahas Apa ?


  Rabu, 24 Nopember 2021 Berita

JAKARTA - SOMPRDPE+3 ke 14 Bahas Mempercepat Pemulihan dan Memperkuat Ketahanan ASEAN untuk Pembangunan Perdesaan Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan 

Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi M. Fachri mengikuti agenda Pertemuan Para Pejabat tinggi se-ASEAN, Cina, Korea, dan Jepang untuk Percepatan Pemulihan dan Penguatan Ketahanan untuk Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan pada hari Rabu 24 November 2021. 

Dalam pertemuan ini membahas 6 agenda antara lain Penyesuaian agenda, Tukar pandangan terkait tema sidang, Kerjasama ASEAN dengan Cina, Korea dan Jepang, Jadwal dan Tempat Pelaksanaan SOMPRDPE+3 ke 15, Tinjauan dan adopsi Ringkasan catatan hasil SOMPRDE+3 ke 14. 

M. Fachri mengatakan bahwa kegiatan SOMPRDE+3 ke 14 ini saling berkaitan dengan fokus utama kebijakan dan program yang ada di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 

“Indonesia mendukung penuh tema Mempercepat Pemulihan dan Memperkuat Ketahanan ASEAN untuk Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan, karena tema tersebut juga menjadi salah satu fokus utama kebijakan dan program kami” kata M. Fachri, Rabu (24/11/2021). 

Selanjutnya M. Fachri menjelaskan bahwa Indonesia memiliki program yang sangat bermanfaat dan berkaitan dengan Pembangunan Perdesaan yang Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan yaitu Dana Desa. 

“Indonesia memiliki Dana Desa yang digunakan untuk menahan laju peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan di perdesaan. Penggunaan Dana Desa berguna untuk pekerjaan intensif dan telah menyerap lebih dari dua juta tenaga kerja, dengan hampir separuhnya merupakan tenaga kerja dari keluarga miskin” jelas M. Fachri.