Peta Bispro Ditjen PDP untuk Mencapai Visi Misi Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi


  Kamis, 25 Nopember 2021 Berita DITJENPPMD

JAKARTA - Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito didampingi Plt. Setditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendesa PDTT menghadiri acara Finalisasi Penyusunan Peta Bisnis Proses Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendesa PDTT di Jakarta. 

Sugito menyampaikan Penyusunan Bisnis Proses yang telah melewati beberapa tahap evaluasi yang dipergunakan untuk mengefisienkan birokrasi yang baik dalam menghasilkan output dan outcome sesuai dengan tugas dan fungsinya pada setiap unit kerja organisasi yang ada di Kementerian Desa PDTT.  

"Peta proses bisnis adalah asset organisasi yang berharga karena tidak menggantungkan pada struktur kerja yang individual namun setiap unit organisasi taat pada sistem yang telah dibuat untuk kemudian akan diturunkan dalam setiap Standar Operasinal Prosedur" ucap Sugito (Rabu, 24/11/2021) 

Kegiatan yang dilaksanakan daring dan tatap muka ini juga menghadirkan dari beberapa Narasumber yaitu diantaranya dari Kemenpan RB serta praktisi terkait. 

Sugito menambahkan, untuk menguji fungsi dari Bisnis Proses tersebut diharapkan berhubungan dengan 7 isu yang ada di Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan. Pertama berkaitan dengan Perkembangan Status Desa, kedua Revitalisasi Indicator Perkembangan Desa dan Perdesaan, ketiga Kebijakan Interilisasi SDGs Desa ke dalam RPJMDesa, keempat penguatan Kolaborasi dan Koordinasi multipihak dalam untuk meningkatkan perkembangan Status Desa dan Perdesaan, kelima berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan secara komprehensif, keenam penggunaan dan pemanfaatan dana desa, dan terakhir membangun system digital di desa dalam meningkatkan perekonomnian di desa. 

"Jika ke tujuh isi tersebut tertampung dalam Bisnis Proses, maka akan lebih terarah dengan baik dalam mencapai sebuah Visi dan Misi yang ada di Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi" imbuh Sugito.