Resmikan Desa Wisata Geni Langit Magetan, "Desa Wisata Icon Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional"


  Sabtu, 18 Desember 2021 Berita DITJENPPMD

#SobatDesa

Percepatan pembangunan desa merupakan salah satu fokus program prioritas dan percepatan pemulihan ekonomi nasional Pada Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam mendukung program prioritas tersebut, maka Kemendesa PDTT memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Peresmian Bantuan Sarana dan Prasarana Pengembangan Objek Wisata dalam Mendukung Destinasi Super Prioritas sebagai wahana dan langkah strategis dalam mempromosikan Desa Wisata, dengan tujuan utama mempercepat Kemandirian Desa melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung dan kapasitas pelaku wisata dalam rangka pengembangan industri wisata desa.

Sebagai bentuk dukungan tersebut Kemendesa PDTT kepada Pemerintah Kabupaten Magetan, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar didampingi Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, meresmikan Desa Wisata Genilangit Coffe, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. (Sabtu, 18/12/21). 

Bukan tanpa alasan Kemendes PDTT memberikan bantuan tersebut. Hal ini merupakan salah satu target pembangunan dan program nasional dalam pemulihan ekonomi nasional yang dilanda pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Pria yang disapa Gus Menteri tersebut juga menyampaikan, bahwa icon percepatan pemulihan ekonomi nasional ini adalah desa wisata yang dikelola oleh Bumdes. Kemendesa juga telah menyiapkan aplikasi khusus yang dikelola oleh Bumdes atau pihak ketiga. Aplikasi ini menjelaskan secara detail objek wisata dengan dua bahasa (Indonesia-Inggris) yang tentunya untuk menarik traveller asing.” terangnya.

Bupati Magetan Suprawoto turut menyampaikan banyak kemajuan dan potensi di desa termasuk desa wisata Genilangit.  “Kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan pak Menteri, khususnya di desa Genilangit. Kami berharap mudah-mudahan menular di tempat lain dan memberikan nilai tambah serta muaranya memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat ” terang Bupati Suprawoto.

Peresmian Bantuan Sarana dan Prasarana Pengembangan Objek Wisata juga dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Perwakilan Kabupaten Madiun dan Pacitan, serta undangan lainnya, bertempat di Taman Desa Genilangit.

#MulaiDariDesa