Ditjen PDP Terima Audiensi Universitas Tulungagung


  Jumat, 04 Maret 2022 Berita DITJENPPMD

Sugito, S.Sos.,M.H Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan perdesaan, Kemendesa PDTT didampingi oleh Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Teguh Hadi serta Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan Nursaid menerima audiensi Rektor Universitas Tulungagung di Ruang Rapat Gedung B Lantai 2 Kemendesa PDTT, Jakarta, Rabu, 05/01/2022.

Pada audiensi ini dihadiri oleh Rektor Tulungagung Dr. H. Eko Sugiono, MM; Wakil Rektor 3 Dr. Muharsono; Sekretaris Yayasan Drs. Edi Suyanto M.Si; Staf Khusus Rektor Endin Didik Handoko SH; Ketua PSPK Eko Santoso SE,MM dan Sekretaris PSPK Toto Darmanto S.P.

Dalam audiensi ini dilakukan pembahasan terkait dengan Pemberdayaan dan Pengabdian kepada Masyarakat Desa di Provinsi Jawa Timur dan khususnya di Kabupaten Tulungagung. Beberapa poin pembahasan dalam agenda ini yaitu pengembangan potensi ekosistem desa, pengembangan dan pendampingan masyarakat desa melalui kewirausahaan, pengembangan kualitas SDM dan kualitas sumberdaya budaya desa dan perdesaan; penguatan kelembagaan sosial ekonomi unggulan desa; penguatan teknologi tradisional dan pengembangan teknologi baru; pengembangan infrastruktur perdesaan; dan pemberdayaan dan penerapan mitigasi bencana.

"Potensi budaya desa menjadi potensi penting selain potensi alam desa yang perlu terus dikembangkan dan dioptimalkan dalam pengembangan desa dan perdesaan. Ditjen PDP menyusun Buku Panduan Desa Tanggap Budaya sebagai suatu instrumen panduan untuk desa mampu mengelola potensi budaya lokal desa untuk pengembangan ekonomi desa berbasis kearifan lokal". ucap Sugito