REOI Pada Kegiatan Pengembangan Aplikasi e-HDW berbasis Android dan Website Versi 2.0


  Selasa, 06 September 2022 Berita DITJENPPMD

UNDANGAN UNTUK MEMASUKKAN PERNYATAAN BERMINAT

(Request For Expression of Interest)

PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PROGRAM INVESTING IN NUTRITION AND EARLY YEARS PROGRAM (INEY) UNTUK PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING

Nomor Pinjaman : Grant No. TF-OA7565

 

Pada Kegiatan Pengembangan Aplikasi e-HDW berbasis Android dan Website Versi 2.0

Reference No: ID-PPMD-301589-CS-CQS Aplikasi eHDW merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM). Aplikasi eHDW membantu KPM untuk melakukan pendataan pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan pada sasaran rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (KPK) dan Pemantauan 5 (lima) paket layanan pencegahan stunting di Desa, serta mempermudah KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di Desa. Sesuai dengan Perpres 72 Tahun 2021, terdapat penambahan sasaran yaitu remaja puteri, calon pengantin dan pasangan usia subur serta anak usia 24 – 59 bulan. Oleh karenanya aplikasi e_HDW yang ada perlu disesuaikan menu-menunya.

Aplikasi e-HDW diharapkan memberikan ruang lebih banyak bagi KPM dalam melakukan advokasi masyarakat. Dan mempermudah masyarakat dan Pemerintah Desa dalam menyusun usulan tentang kegiatan pencegahan stunting di Desa. Selain itu, aplikasi e-HDW memudahkan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam memantau kemajuan tingkat konvergensi pencegahan stunting di tingkat Desa secara riil dan ter-update, sehingga mempermudah Pemerintah Pusat dan Daerah dalam merumuskan kebijakan tentang program/kegiatan pencegahan stunting dengan berbasis data rill dan ter-update.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi kini mengundang perusahaan konsultan yang memenuhi syarat untuk memasukkan pernyataan berminat (Expression of Interest /EoI) sehubungan dengan memberikan layanan jasa konsultansi. Jasa konsultan akan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi serta memberi penilaian terhadap desain, implementasi, dan pencapaian kegiatan Pengembangan Aplikasi e-HDW berbasis Android dan Website Versi 2.0 dengan ruang lingkup kegiatan, antara lain:

  1. Analisis Data, Kebutuhan, dan Rancangan Pengembangan Program ; 
  2. Desain Pengembangan Program; 
  3. Programing;
  4. Testing Program; 
  5. Instalasi Server; 
  6. Instalasi Program; 
  7. Maintenance; 
  8. Uji Coba Aplikasi; 
  9. Diskusi Workshop; dan 
  10. Serah Terima Hasil Pekerjaan.
Perusahaan Jasa Konsultan(‘Konsultan”) yang berminat harus memberikan infoemasi yang mendukung bahwa perusahaan konsultan yang bersangkutan memenuhi syarat untuk menjalankan layasan jasa tersebut di atas, misalnya: profil perusahaan dan pengalamandalam menjalankan layanan jasa konsultan dengan sifat dan kondisi yang sama (nama pekerjaan, lokasi pekerjaan, nama pemberi kerja, keterangan singkat mengenai ruang lingkup pekerjaan, periode kontrak dari mulai dan berakhirnya kontrak, nilai kontrak dan informasi lainnya yang relevan) dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
 
Adapun kriteria yang wajib dipenuhi agar dapat dipertimbangkan untuk proses selanjutnya adalah sebagai berikut: 
  1. Konsultan harus memiliki ijin usaha di bidang Aktivitas Pemrograman Komputer Lainnya atau sejenisnya; 
  2. Konsultan harus memiliki pengalaman jasa konsultansi non konstruksi bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/swasta dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir; 
  3. Konsultan harus memiliki pengalaman pekerjaan sejenis, paling kurang sama dengan 50% (lima puluh persen) dari nilai total Harga Perkiraan Sendiri (HPS)
Konsultan akan ditempatkan di sekitar lokasi pekerjaan diharapkan mulai pada November 2022 dan dilakukan selama periode 2 (dua) bulan. Perkiraan Tenaga Ahli (Professional Staff) yang dibutuhkan sebanyak 8 orang-bulan (man-months).
Tenaga Ahli (Professional Staff) tidak akan dievaluasi pada tahap ini dan oleh karena itu tenaga ahli tetap tidak perlu ditugaskan khusus untuk Jasa ini pada tahap ini. Konsultan yang berminat harap memberikan perhatian khusus pada Bagian III, paragraf, 3.14, 3.16, dan 3.17 World Bank’s "Procurement Regulations for IPF Borrowers" Juli 2016, yang direvisi November 2017 dan Agustus 2018 ("Procurement Regulation"), yang menjelaskan kebijakan Bank Dunia terkait konflik kepentingan.
 
Konsultan dapat bermitra/bekerjasama dengan perusahaan lain dalam bentuk Joint Venture (Kerjasama Operasi/KSO) atau subkonsultan guna meningkatkan kualifikasinya. Hanya 1 (satu) Pernyataan Minat/EOI boleh disampaikan oleh Konsultan baik sebagai Konsultan Tunggal ataupun sebagai bagian dari JV/KSO. Jika satu perusahaan konsultan ikut serta di lebih dari 1 (satu) Pernyataan Minat/EOI (sebagai contoh: jika perusahaan konsultan menyampaikan EOI sebagai Konsultan Tunggal dan juga sebagai bagian/anggota JV/KSO dalam EOI yang lain), maka semua Pernyataan Minat/EOI tersebut akan ditolak. Kualifikasi dari subkonsultan tidak akan diperhitungkan dalam evaluasi pernyataan minat.
 
Konsultan akan dipilih sesuai dengan metode Seleksi Berdasarkan Kualifikasi Konsultan/CQS (Consultant Qualification Selection) sesuai dengan Consultant Guidelines.
 
Konsultan yang berminat dapat memperoleh satu set dokumen Permintaan Pernyataan Minat (REOI) (termasuk TOR) dan Form Penyampaian Pengalaman melalui tautan berikut: https://lumbungfile.kemendesa.go.id/s/RykFBgHzCksZxEs Surat Pernyataan Berminat beserta seluruh dokumen lampirannya harus disampaikan melalui email di bawah ini paling lambat pada tanggal 21 September 2022 jam 15.00 WIB.
 
Informasi tambahan dapat diminta melalui alamat dibawah ini selama jam kerja dari 08.00 sampai 16.00 WIB.
 
Kelompok Kerja Pemilihan (Pokja Pemilihan) 76 Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ)
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
Gedung Utama Lantai 6 Jl. TMP Kalibata No. 17, Jakarta Selatan 12750
Telepon : (021)- 79172242 E-Mail : pokja76.6@gmail.com